Tidak Ada Alasan bagi Erik ten Hag untuk Depak Cristiano Ronaldo

Rabu, 27 April 2022 23:37 WIB


MU-INDO - Pelatih anyar Manchester United, Erik ten Hag, dianggap tak punya alasan untuk melepas Cristiano Ronaldo musim depan. Kelangsungan karier Cristiano Ronaldo menjadi salah satu topik spekulasi yang melingkupi Manchester United.

Tak sedikit yang menilai Cristiano Ronaldo akan hengkang karena kecewa dengan pencapaian Manchester United pada musim 2021-2022. Topik tersebut menjadi semakin menarik setelah Erik ten Hag dikonfirmasi menjadi pelatih baru Manchester United. Manuver Ten Hag terhadap Cristiano Ronaldo menjadi salah satu hal yang dinanti-nantikan.

Legenda timnas Belanda, Marco van Basten, menilai Erik ten Hag harus mempertahankan pemain asal Portugal tersebut.

"Kalau Cristiano Ronaldo tetap bermain seperti saat melawan Norwich dan rajin mencetak 2-3 gol, Man United tidak punya alasan mendepaknya," kata Van Basten.

"Betul, Cristiano Ronaldo adalah pemain yang individualis, tetapi selama dia memberi hasil positif, dia berhak mendapat tempat di tim."

"Erik ten Hag toh tetap harus mempertimbangkan dia tidak bisa berharap fisik Cristiano Ronaldo sama dengan fisik pemain berusia 18 tahun."


"Cristiano Ronaldo perlu bekerja keras, tetapi saya yakin dia akan melakukannya."

"Menurut saya, Erik ten Hag akan membawa pengaruh positif untuk dia bermain sesuai visi Ten Hag," tutur Van Basten melanjutkan. 

Debut periode kedua Cristiano Ronaldo bersama Setan Merah memang jauh dari kata memuaskan. 

Kendati menyumbang 22 gol di semua ajang musim ini, Manchester United sudah bisa dipastikan nirgelar. 

Erik ten Hag dikonfirmasi menjadi pelatih Manchester United pada Kamis (21/4/2022) pukul 17.10 WIB melalui laman resmi dan akun media sosial klub.

Manchester United akan mengikat juru taktik Ajax Amsterdam tersebut dengan kontrak selama tiga tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun. Marco van Basten pun mengingatkan Ten Hag bahwa konsekuensi sudah menanti seiring keputusannya menyeberang ke Old Trafford.

Salah satunya adalah tekanan dari pers Inggris yang terkenal memiliki kritik pedas, bahkan tak jarang julid. Van Basten meminta Ten Hag untuk hanya fokus ke pekerjaan di Man United alih-alih terdistraksi oleh media.

"Saran saya untuk Erik, tidak usah dengarkan kata-kata media saat baru mulai bekerja," ucap mantan pemain tim nasional Belanda itu.

"Perhatian Erik ten Hag akan sangat tersita oleh pekerjaannya bersama tim Man United. Dia akan berhasil kalau bisa fokus," tutur Van Basten melanjutkan.