Petinggi Manchester United Bongkar Fakta soal Pemecatan Ole Gunnar Solskjaer

Jum'at, 24 Desember 2021 10:32 WIB


MU-INDO - Direktur Sepak Bola Manchester United, John Murtough, membongkar fakta di balik pemecatan Ole Gunnar Solskjaer dari kursi pelatih. Ole Gunnar Solskjaer resmi melepas status sebagai pelatih Manchester United per 21 November 2021.

Performa jeblok The Red Devils pada musim 2021-2022 memaksa pria asal Norwegia itu untuk meninggalkan jabatan yang telah diembannya selama tiga tahun. United tercecer di peringkat ketujuh klasemen Liga Inggris ketika Solskjaer pergi. Guna mengisi kekosongan, Setan Merah merekrut Ralf Rangnick sebagai pelatih interim sampai akhir musim.

Menurut penuturan John Murtough, United tidak mengadakan pembicaraan dengan pelatih manapun sebelum Solskjaer didepak.

"Untuk menghormati Ole, kami tak mendekati pelatih manapun sebelum dia pergi," kata Murtough seperti dikutip BolaSport.com dari Dailymail.

"Rencana kami kemudian adalah merekrut pelatih interim berpengalaman dan Ralf merupakan pilihan utama kami," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Murtough menyebut United tak tutup mata atas kinerja hebat Solskjaer.

"Kami semua kecewa atas kepergian Ole, tetapi dia pantas dinilai atas rekornya dalam tiga tahun terakhir, bukan beberapa pekan terakhir," tutur mantan ilmuwan olahraga di Everton itu.

"Dia membawa kami finis di tiga besar klasemen dalam dua musim beruntun, kali pertama sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Kami juga nyaris menjuarai Liga Europa."

"Dia mengatur ulang budaya klub dan membentuk kembali skuat, membuat kami berada di posisi yang lebih kuat hari ini daripada saat dia pertama datang pada 2018," ujar Murtough.

Solskjaer mendampingi United dalam 168 pertandingan di semua kompetisi. Dia menghasilkan 91 kemenangan, 40 kekalahan, dan 37 skor seri selama bertugas di Old Trafford.