Laga Pertama Manchester United Bersama Michael Carrick

Rabu, 24 November 2021 07:47 WIB


MU-INDO - Michael Carrick sukses mengamankan kemenangan di laga debutnya sebagai manajer interim Manchester United. Setelah Setan Merah sukses mengalahkan Villarreal di Estadio de la Ceramica pada dini hari tadi.

Pertandingan ini merupakan lembaran baru bagi Manchester United. Karena mereka sudah resmi berpisah dengan Ole Gunnar Solskjaer di akhir pekan kemarin, dan kini Michael Carrick dipercaya menjadi pelatih interim setan merah.

Bertandang ke Villarreal, Manchester United tidak berada dalam kondisi yang optimal. Selain tengah berada di momentum yang buruk, Setan Merah juga tidak diperkuat beberapa pemain mereka yang mengalami cedera. Namun, Setan Merah berhasil mengunci kemenangan di laga ini. Masing-masing satu gol dari Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho sukses membuat MU menang 2-0 atas tuan rumah di Spanyol.

Kemenangan ini tentu disambut gembira oleh para pemain MU. Karena bukan hanya mereka menghentikan tren negatif, Setan Merah juga berhasil mengunci satu tiket ke fase gugur. Di laga tersebut, ada beberapa hal menarik yang diperbuat Carrick sehingga Setan Merah sukses meraih kemenangan di Spanyol.

Keputusan Berani

Sebelum pertandingan dimulai, Michael Carrick membuat sebuah keputusan yang berani. Ia memutuskan mencadangkan Bruno Fernandes dan Marcus Rashford. Dua pemain ini bisa dikatakan tidak tergantikan di era Solskjaer. Manajer asal Norwegia itu terus menerus menjadikan mereka starter meski performa mereka lagi jeblok. Keputusan Carrick mencadangkan kedua pemain ini tergolong tepat. Karena dua pemain ini memberikan dampak yang lebih baik saat keduanya masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.


Bertahan Sebagai Sebuah Tim

Di pertandingan ini, salah satu yang tampil mencolok adalah bagaimana cara Man United bertahan. Setan merah mampu bertahan secara holistik dari depan hingga belakang. Dua bek mereka, Harry Maguire dan Victor Lindelof sangat disiplin dalam menjaga pertahanan. Terutama Lindelof yang sangat sulit dilewati oleh para penyerang Villarreal di laga ini.

Cristiano Ronaldo yang selama ini disebut malas bertahan juga kerap turun membantu pertahanan. Ia beberapa kali membantu merebut bola dan melakukan pressing sehingga serangan Villarreal tidak terlalu maksimal di laga ini.

Fred dan McTominay Disiplin

Sebagai mantan gelandang, Michael Carrick berhasil menatar Scott McTominay dan Fred. Kedua pemain ini benar-benar tampil apik di laga ini. Kedua pemain ini disipin saat diturunkan dalam posisi yang lebih ke belakang. Mereka kerap mengover pertahanan MU saat Villarreal maju menyerang.

Fred bisa dikatakan jadi pemain yang mencolok di laga ini. Tidak hanya disiplin dalam bertahan, gelandang asal Brasil itu juga aktif maju membantu serangan MU.

Van de Beek Jadi Super Sub

Salah satu yang jadi sorotan pada pertandingan ini adalah sosok Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu dipasang sebagai starter oleh Carrick. Namun sayang sang pemain tidak tampil maksimal di laga ini. Ia tidak membuat satupun peluang berbahaya, bahkan ia tidak melepaskan satu tembakan pun di laga ini. Van de Beek mungkin masih perlu waktu untuk beradaptasi bermain sebagai starter, karena selama ini ia lebih banyak tampil sebagai pemain cadangan.

Efektif dalam Menyerang

Manchester United sebenarnya tidak tampil atraktif di laga ini. Permainan mereka cenderung monoton, namun yang terpenting adalah mereka efektif memanfaatkan peluang. Sepanjang laga ini, MU hanya melepaskan 11 tembakan ke gawang Villarreal. Ini lebih sedikit dari tuan rumah yang melepaskan 13 tembakan. Namun, United lebih efisien dalam memanfaatkan peluang yang ada karena dari 11 tembakan, enam di antaranya tepat sasaran. Sementara Villarreal hanya tiga tembakan mereka yang tepat sasaran.

De Gea Sang Super Man

Manchester United lagi-lagi harus berterima kasih kepada sosok David De Gea. Tanpa kehadiran sang kiper, MU mungkin kalah dari laga ini. Villarreal yang tampil agresif sejak awal memiliki beberapa peluang apik. Dua antaranya dibuat oleh Manu Trigueros. Namun, David De Gea dengan sigap menghentikan peluang-peluang itu dengan penyelamatannya yang fantastis. Ia benar-benar layak menyandang gelar man of the match di laga ini.

Ledakan Jadon Sancho

Hal positif lain dari laga perdana Carrick sebagai manajer interim Manchester United adalah Jadon Sancho yang mulai menunjukkan kemampuan aslinya. Sepanjang laga, Sancho benar-benar jadi ancaman di sisi kanan serangan MU. Ia kerap membuat bek Villarreal kewalahan, dan ia melepaskan dua tembakan tepat sasaran di laga ini. Tembakan terakhirnya sukses berbuah menjadi gol, yang notabene gol pertamanya di Manchester United. Manchester United berharap gol ini akan membuka keran gol dan assistnya seperti saat ia masih di Dortmund.