Manchester United Ingin Hasil Bagus Di Lapangan dan Tak Hanya Keuangan

Kamis, 18 November 2021 06:16 WIB


MU-INDO - Kembalinya Ronaldo ke Old Trafford turut mendongkrak penjualan merchandise United. Manajemen Manchester United menginginkan performa positif keuangan tahun ini bisa diikuti hasil bagus di atas lapangan. Hal itu ditegaskan wakil ketua United, Ed Woodward.

United mendapatkan hasil positif dari sisi finansial di kuarter pertama tahun ini, meski situasi masih diliputi pandemi COVID-19. Kehadiran suporter di tribun pada tahun 2021 memberikan dampak bagus terhadap keuangan, karena klub membukukan peningkatan pendapatan sebesar 16 persen, atau hingga £1.265 juta.

Utang United mengalami penurunan sedikit menjadi £439,7 juta, sementara £17,4 juta diperoleh dari transfer Daniel James ke Leeds United, serta biaya penjualan kepindahan Romelu Lukaku dari Inter Milan ke Chelsea.

Kenaikan gaji sebesar 23 persen menjadi £88,5 juta merupakan konsekuensi dari penandatanganan kontrak Jadon Sancho, Raphael Varane, dan Cristiano Ronaldo.

Peningkatan ritel pasca-lockdown dan peluncuran merchandise yang kuat mendorong kenaikan 8 persen dalam pendapatan komersial. Hal itu juga tak lepas dari kembalinya Ronaldo, meskipun dampaknya hanya mencerminkan bulan terakhir kuartal tersebut.

Sayangnya, peningkatan pendapatan itu tidak diiringi dengan hasil bagus di atas lapangan. United hanya mendulang lima kemenangan, dua imbang, dan empat kekalahan di 11 pertandingan. Bahkan di lima pertandingan terakhir di Liga Primer Inggris, gawang United kebobolan 12 gol.

“Sementara hasil keuangan saat ini menunjukkan ketahanan kami melalui pandemi, prioritas utama kami adalah kesuksesan di lapangan. Manajer, pemain, dan semua orang di klub bertekad untuk mencapai tujuan itu,” tegas Woodward dikutip laman resmi klub.

Performa buruk di atas lapangan juga membuat posisi Ole Gunnar Solskjaer di kursi pelatih tidak aman. Laman Manchester Evening News menyebutkan, manajemen kini sedang membuka opsi mencari pengganti Solskjaer.

Sumber senior di klub mengindikasikan Solskjaer bisa saja tetap menjadi manajer hingga akhir musim, karena kurangnya pengganti yang tersedia. Manajer Leicester City Brendan Rodgers menjadi kandidat kuat sebagai pengganti Solskjaer.

Namun pria berusia 48 tahun itu masih terikat kontrak di Leicester hingga Juni 2023, dan United harus sepakat terlebih dulu dengan The Foxes terkait biaya untuk melepas Rodgers, dan membayar kompensasi kepada Solskjaer atas pemecatannya.