Nicky Butt Mundur dari Manchester United

Kamis, 25 Maret 2021 13:37 WIB


MU-INDO - Manchester United kehilangan salah satu personelnya pada musim 2020/2021. Situasi itu terjadi usai Nicky Butt mundur dari posisi yang emban, kepala pengembangan tim muda Manchester United.

Nicky Butt punya jejak panjang di Manchester United. Jauh sebelum menjadi kepala pengembangan tim muda, Nicky Butt lebih dulu tenar sebagai salah satu pemain bintang United.

Pria berusia 46 tahun ini adalah bagian dari generasi legendaris United yakni Class off 92'. Bersama United, sebagai pemain, Nicky Butt mampu meraih delapan gelar Premier League dan satu Liga Champions.

Nicky Butt, sebelum menjabat sebagai kepala pengembangan tim muda, lebih dulu menjadi pelatih di United. Nicky Butt sempat bertanggung jawab atas tim U-19 dan U-23. Peran tersebut dijalani Nicky Butt hingga 2017 yang lalu.

"Saya datang dari akademi untuk memainkan hampir 400 laga di Manchester United, itu adalah hak istimewa untuk kembali dan bekerja dengan generasi baru berbakat untuk melakukan hal yang sama," kata Nicky Butt.

"Saya bangga dengan peran yang dimainkan semua orang di staf dalam memberi para pemain muda kami kesempatan terbaik untuk memenuhi potensi mereka, dan hasilnya jelas terlihat dalam peningkatan jumlah pemain lokal yang mencapai tim utama," sambungnya.

Belum ada kabar lebih lanjut ihwal masa depan Nicky Butt setelah mundur dari United. Namun, dia menyebut sedang mencari tantangan profesional baru di luar United. Nicky Butt punya andil besar di balik banyaknya pemain muda United yang mampu menembus tim senior. Salah satu nama yang cukup moncer adalah Marcus Rashford.

Sang penyerang berada di bawah pengawasan Nicky Butt ketika merintis karir di akademi dan masuk tim muda United. Kini, pemain 23 tahun menjadi salah satu ikon utama United lewat aksi-aksi gemilangnya.

Selain Rashford, ada nama Scott McTominay, Axel Tuanzebe, Dean Henderson, dan Mason Greenwood yang juga berada di bawah pengawasan Nicky Butt ketika masih merintis karir di tim muda United.