Paul Pogba Kirim MU ke Puncak Klasemen

Rabu, 13 Januari 2021 05:34 WIB


MU-INDO - Gol brilian Paul Pogba menelurkan kemenangan Manchester United atas Burnley untuk sempurnakan kesuksesan melesat ke pucuk klasemen Liga Inggris. Manchester United memetik kemenangan tipis 1-0 atas Burnley pada laga tunda pekan pertama Liga Inggris di Turf Moor, Selasa (12/1/2021) atau Rabu dini hari WIB.

Gol tunggal Setan Merah berasal dari tembakan voli fantastis Paul Pogba pada menit ke-71. Sebenarnya dengan hasil imbang saja, Man United menyalip Liverpool ke puncak klasemen. Namun, raihan kemenangan ini menyempurnakan keberhasilan tersebut karena mereka sudah unggul 3 poin di atas sang juara bertahan.

Menurut catatan Whoscored yang dikutip BolaSport.com, Man United sepanjang laga mendominasi permainan dengan penguasaan bola 64 persen. Adapun penciptaan tembakan ialah 13 upaya awak United berbanding 11 buah milik Burnley. Peluang penting pertama diperoleh MU melalui tembakan Bruno Fernandes yang tepat ditangkap kiper Nick Pope di menit 17'.

Hanya, upaya akrobatik tersebut membentur punggung bek Burnley, Matt Lowton. Burnley membalas dengan kesempatan bagus yang didapat striker Chris Wood. Tembakannya diblok Eric Bailly untuk menghasilkan korner saja, padahal David de Gea sudah mati langkah di depan gawang.

Martial memiliki peluang bagus saat berada dalam situasi satu lawan satu dengan Lowton. Namun, eksekusinya mengecewakan karena bola tembakannya melenceng begitu saja dari target di depan mata. Memasuki setengah jam, terjadi insiden pelanggaran Luke Shaw terhadap Johann Gudmundsson di dekat kotak penalti United. Terjangan kaki Shaw menjatuhkan Gudmundsson tepat di pergelangan kaki.

Wasit Kevin Friend meninjau ulang situasi melalui VAR. Untung bagi MU, Shaw lolos dari pengusiran dan hanya diganjar kartu kuning. Menit ke-36, sundulan Harry Maguire sempat menggetarkan jala gawang Burnley.

Hanya, gol itu dianulir karena pelanggaran sang kapten terhadap Erik Pieters saat menanduk bola. Di ujung babak pertama, Martial memiliki peluang bagus lagi pada menit 45'. Tembakan jarak jauhnya berhasil ditepis keluar secara brilian oleh Pope.

Memasuki babak kedua, Man United semakin keras mengurung pertahanan Burnley. Nick Pope bermain solid dengan mengamankan sejumlah peluang United.

Sang kiper menangkap bola lemah dari tembakan jarak dekat Cavani. Kemudian, Pope juga mampu mengamankan bola tembakan jarak jauh Fernandes dua kali. Ada peluang bagus Cavani di depan gawang yang meleset dari target karena tertutupi tumpukan pemain Burnley yang rapat melindungi gawang. Kesabaran pasukan Setan Merah akhirnya berbuah hasil berkat gol tembakan voli Pogba yang dilepaskan langsung setelah menerima umpan Marcus Rashford dari sisi kanan.

Bola hasil hantaman kaki gelandang Prancis itu melesat, sedikit membentur pemain lawan, lalu lolos di antara kaki Pope. Mendekati akhir laga, Burnley bikin deg-degan Man United dengan beberapa peluang berbahaya.

Tembakan Matej Vydra menggetarkan sisi luar jaring gawang De Gea sebelum wasit bikin cemas kubu MU karena meninjau VAR akibat insiden di kotak penalti tim tamu. Ada potensi handball yang melibatkan Maguire atau Aaron Wan-Bissaka dari sebuah kemelut, tetapi United lolos dari sanksi tendangan penalti.