MU Anggap Tersingkir Dari Fase Liga Champion Bukanlah Bencana

Kamis, 10 Desember 2020 06:36 WIB


MU-INDO - Manchester United gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Setan Merah harus angkat koper karena hanya finis di posisi ketiga Grup H. MU hanya memiliki sembilan poin dari enam laga penyisihan grup Liga Champions. Pada laga terahir melawan RB Leipzig di Red Bull Arena, Rabu (9/12/2020) dini hari WIb, Marcus Rashford dan kolega kalah 2-3.

Pada laga itu, MU tertinggal 0-2 pada babak pertama lewat gol Angelino dan Amadou Haidara. Justin Kluivert menambah keunggulan Leipzig 3-0 untuk memanfaatkan pertahanan buruk MU.

Bruno Fernandes memperkecil ketertinggalan MU melalui tendangan penalti. Gol bunuh diri Ibrahima Konate mengubah skor menjadi 2-3 masih untuk keunggulan Leipzig dan bertahan hingga laga usai.

Sekali lagi, desakan agar Ole Gunnar Solskjaer dipecat kembali muncul setelah MU tersingkir dari Liga Champions kembali. Tapi, Phil Neville percaya desakan seperti itu tak berdasar dan memiliki agenda.

"Ada narasi yang mengerikan di mana begitu United kalah dalam pertandingan, rasanya seperti bencana," kata Phil kepada BBC Radio 5 Live.

"Itu bukan bencana malam ini, tapi mengecewakan. United ingin berada di 16 besar".

Phil mengatakan manajer legenda MU Sir Alex Ferguson juga pernah mengalami apa yang dirasakan Solskjaer. Juru taktik yang pernah membawa MU dua kali juga Liga Champions tersingkir juga pernah tersingkir di fase grup.

"Ada tim Manchester United di masa lalu dengan manajer yang lebih baik dari Ole Gunnar Solskjaer - seperti Sir Alex Ferguson - yang tersingkir pada tahap ini. Itu benar-benar terjadi, itu telah terjadi," ujar mantan bek MU itu.

"Saat ini cukup aneh. Ada manajer di Liga Inggris yang berada di bawah United di liga tetapi memiliki reputasi bagus dan tidak mendapatkan tongkat yang didapat Solskjaer."

"Jika United menang pada Sabtu (Sabtu - dan tim Ole cenderung tampil baik pada momen-momen besar, saya pikir Sabtu adalah momen besar bagi manajer dan para pemain," pungkas Phil.

MU akan menjamu Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris. Derbi Manchester ini akan dimainkan di Old Trafford, Sabtu atau Minggu (13/12/2020) dini hari WIB. Kalah dari City bisa membuat juru taktik asal Norwegia itu dalam situasi yang cukup sulit terkait masa depannya.