Alasan Mengapa Solskjaer Memainkan Formasi 3 Bek Saat Melawan Liverpool

Senin, 21 Oktober 2019 21:40 WIB


MU-INDO -  Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer angkat bicara terkait pemilihan taktiknya melawan Liverpool. Solskjaer menilai skema tiga bek yang ia turunkan merupakan opsi terbaik untuk menekan Liverpool. Pada laga pekan kesembilan EPL kemarin, Solskjaer membuat kejutan besar. Ia menurunkan skema 3-4-1-2 untuk menghadapi Liverpool yang datang berkunjung ke Old Trafford.

Tidak disangka, taktik tersebut berhasil membuat Liverpool mati kutu di babak pertama. Di babak kedua, United bertahan cukup dalam, namun sayang gawang mereka berhasil dibobol oleh Adam Lallana. Solskjaer menyebut bahwa ia sengaja menurunkan skema itu karena ia tahu skema itu bisa membuat Liverpool kerepotan. "Hari ini kami bermain dengan tiga bek agar kami bisa tampil lebih dominan dan juga bisa melakukan pressing dengan Aaron [Wan-Bissaka] dan juga Ash [Young]," ujar Solskajer.

Solskjaer percaya bahwa United memiliki pemain-pemain dengan kualitas mumpuni di lini serang mereka. Demi memaksimalkan potensi lini serang mereka, Solskjaer merasa skema tiga bek itu sangat cocok untuk diterapkan di timnya.

"Di lini serang, kami memiliki Dan [James], Marcus [Rashford] dan Andreas [Pereira]. Ketiganya memberikan energi yang besar untuk lini serang kami dan kami mempercayai barisan pertahanan kami untuk menghadapi tim manapun di Liga ini."

Solskjaer mengakui bahwa Liverpool bukan lawan yang mudah untuk ditaklukan oleh tim manapun di Premier League. Untuk itu ia merasa perlu melakukan perjudian di timnya dan ia merasa lega bahwa perjudiannya itu membuat performa timnya menjadi lebih baik.

"Meskipun Liverpool memiliki lini serang yang sangat bagus, saya merasa bahwa kami perlu tambahan orang di lini serang untuk menciptakan peluang. Kami harus bermain lebih menyerang, lebih banyak berlari dan saya senang melihat performa fantastis tim saya hari ini." ia menandaskan.

Hasil Imbang yang diraih United kemarin membuat posisi mereka kembali turun di klasemen sementara EPL. Mereka kini menghuni peringkat 13 klasemen sementara EPL dengan mengoleksi 10 poin dari sembilan pertandingan.