Penalti Aubameyang Nodai Laga Ke-100 Solskjaer bersama Man United

Senin, 02 November 2020 03:20 WIB


MU-INDO - Manchester United menjamu Arsenal di Stadion Old Trafford dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-7, Minggu (1/11/2020).

Duel antara Manchester United dan Arsenal yang juga menandai laga ke-100 Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih tim Setan Merah harus berakhir miris. Bermain di kandang, pasukan Ole Gunnar Solskjaer justru dipaksa menyerah dari Arsenal berkat gol penalti Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-69.

Kekalahan ini membuat Man United belum beranjak dari posisi papan bawah dengan berada di urutan kelima belas dengan torehan 7 poin dari 6 pertandingan. Adapun bagi Arsenal, kemenangan tipis di Old Trafford membuat mereka naik ke posisi kedelapan di klasemen sementara Liga Inggris, mengumpulkan 12 poin dari 7 laga.

Jalannya Pertandingan

Sebelum laga dimulai, momen mengheningkan cipta dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi legenda Manchester United dan timnas Inggris, Nobby Stiles yang meninggal pada Sabtu (31/10/2020) dalam usia 78 tahun.

Barisan pertahanan Manchester United harus berjibaku menahan serangan pemain-pemain sayap Arsenal yang memanfaatkan lebar lapangan. Pada menit ke-11, Arsenal mendapat peluang melalui sepakan jarak jauh dari Bukayo Saka, tapi sepakannya masih belum menemui sasaran.

Memasuki menit ke-15, Man United mulai keluar dari tekanan dan mencoba melakukan serangan, tapi kerja sama Bruno Fernandes dan Mason Greenwood masih bisa digagalkan barisan pertahanan Arsenal.

Pada menit ke-22, Man United mendapat peluang pertama untuk membuka angka melalui sepakan datar Mason Greenwood dari jarak dekat. Umpan silang mendatar Marcus Rashford yang sukses menembus pertahanan tim tamu lantas disambut dengan sepakan kaki kiri Mason Greenwood di dalam kotak penalti.

Namun, sepakannya masih bisa dimentahkan Bernd Leno dengan kakinya dan hanya membuahkan sepak pojok bagi Man United. Meski sama-sama berupaya membangun serangan dari sisi sayap, hingga laga memasuki menit ke-30, kedua tim masih buntu dan skor tetap 0-0.

Memanfaatkan umpan pendek Pierre-Emerick Aubameyang di dalam kotak penalti lawan, Willian melepaskan tendangan via kaki kirinya. Sepakan winger asal Brasil sempat membuat David de Gea mati langkah, beruntung baginya karena sepakan Willian hanya mengenai mistar gawang.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Arsenal sempat mengancam lewat sundulan Bukayo Saka pada menit ke-43. Namun, sundulan Saka yang memanfaatkan umpan silang Hector Bellerin masih melambung di atas gawang De Gea. Hingga turun minum, kedua tim harus puas dengan skor imbang tanpa gol.

Di awal babak kedua, Man United mengambil inisiatif untuk menyerang. Hasilnya, pada menit ke-48 tim Setan Merah mendapat peluang melalui sepakan Aaron Wan-Bissaka dari dalam kotak penalti usai mendapat sodoran umpan pendek Greenwood.

Arsenal yang tak ingin terus ditekan oleh tuan rumah berani memberikan perlawanan dan mendapat peluang lewat sepakan kaki kanan Thomas Partey pada menit ke-58.

Sepakan jarak jauh eks gelandang Atletico Madrid itu masih bisa diamankan oleh De Gea. Jual beli serangan kedua tim mulai intens kala pertandingan memasuki menit ke-65 dan The Gunners mendapat peluang emas untuk unggul lewat Kieran Tierney.

Sepakan Tierney dari dalam kotak masih mampu ditinju De Gea dan bola muntah langsung disambut sepakan jarak jauh Mohamed Elneny, tapi melenceng dari target.

Petaka bagi Man United hadir pada menit ke-69 ketika Pogba melanggar Bellerin di kotak terlarang dan tanpa ampun wasit Mike Dean langsung menunjuk titik putih.

Pierre-Emerick Aubameyang yang maju sebagai algojo penalti Arsenal sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Sepakan penalti Aubameyang melesat mulus di sisi kiri bawah gawang Man United dengan De Gea justru bergerak ke arah kanan gawang. Man United tertinggal 0-1.

Tertinggal satu gol, Man United lantas memasukkan dua pemain sekaligus, yakni Edinson Cavani dan Donny van de Beek pada menit ke-75 yang menggantikan Greenwood dan Bruno Fernandes.

Memasuki menit ke-84, Man United terus berusaha membombardir gawang Arsenal yang dikawal Bernd Leno lewat upaya Paul Pogba dan Luke Shaw, tapi usaha mereka masih bisa dimentahkan bek-bek tim tamu.

Pertandingan pun memasuki masa injury time dengan tambahan waktu empat menit.
Pada menit ke-90+2, Man United mendapat peluang melalui sepakan Nemanja Matic dari luar kotak penalti setelah mendapat umpan dari sundulan Harry Maguire.

Akan tetapi, sepakan Matic masih terlalu lemah dan tepat jatuh ke pelukan Leno. Hingga laga bubaran tidak ada gol tambahan tercipta, Man United harus mengakui keunggulan 0-1 Arsenal