Bruno Fernandes Selamatkan Man United

Minggu, 27 September 2020 13:49 WIB


MU-INDO - Pilar andalan Manchester United, Bruno Fernandes, sukses menyelamatkan klubnya dari kekalahan dan rekor buruk dalam laga melawan Brighton and Hove Albion. Manchester United sukses meraih 3 poin perdana ketika bertandang ke markas Brighton and Hove Albion di Amex Stadium.

Manchester United meraih kemenangan dengan skor 3-2 atas Brighton dalam laga pekan ketiga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020) pukul 18.30 WIB. Ketiga gol Manchester United dicetak oleh Harry Maguire (43'),  Marcus Rashford (52'), dan Bruno Fernandes (90+10').

Adapun Brighton mampu membalas lewal gol penalti Neal Maupay (39') dan aksi Solly March di babak injury (90+5'). Dikutip dari Sofascore, Brighton sebenarnya memiliki peluang lebih banyak dengan melepaskan 18 tembakan yang 5 di antaranya menuju ke gawang. Adapun Man United hanya mempunyai 6 tembakan dengan 3 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Seagulls, julukan Brighton, juga mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 53 persen. Kedua tim hanya bisa mengakhiri babak pertama dengan berbagi angka setelah masing-masing mencetak satu gol.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah langsung melancarkan serangan untuk mengubah skor.  Mereka hampir saja kembali mendapatkan hadiah penalti usai Aaron Connolly dilanggar Paul Pogba.

Akan tetapi, tinjauan VAR menunjukkan pelanggaran tersebut dilakukan di luar kotak penalti. Adapun Man United sendiri mengulang momen yang terjadi pada babak pertama dengan gol yang dianulir.

Pada babak pertama, tepatnya pada menit ke-33, Mason Greenwood hampir saja mencatatkan namanya di papan skor setelah melepaskan tembakan kaki kanan. Namun, gol dianulir akibat Marcus Rashford berada dalam posisi offside.

Hal tersebut berulang pada menit ke-52 ketika Greenwood dengan leluasa melepaskan umpan pada Rashford dari sisi kiri pertahanan lawan. Rashford kemudian meneruskan umpan tersebut dengan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang tak mampu diantisipasi Mat Ryan.

Akan tetapi, wasit memutuskan bahwa gol tersebut tidak sah setelah melihat tinjauan VAR lantaran Rashford kembali dalam posisi offside.  Skor 1-1 pun tetap bertahan.  Keasikan menyerang, Man United hampir saja kebobolan lewat aksi Solly March pada menit ke-59.

March berasil lepas dari pengawasan dan melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun, tendangannya malah membentur tiang kanan gawang.

Pada menit ke-54, Rahsford berhasil membawa Man United unggul atas Brighton. Dia bergerak sisi kanan usai mendapatkan umpan terobosan dari Bruno Fernandes. Lalu, Rashford dengan lihai merangsek ke dalam kotak penalti brighton, mengecoh empat bek lawan dan satu kiper sebelum akhirnya melepaskan sepakan kaki kiri berbuah gol.  Man United unggul 2-1

Namun, keunggulan Man United dibuyarkan lewat aksi March pada babak injury atau tepatnya pada menit ke-95.
March, yang sudah berada di dalam kotak penalti, lepas dari pengawasan bek Man United dan dengan mudah menyundul bola hasil umpan lambung Adam Webster. SKor pun berubah 2-2.

Maupay terbukti melakukan pelanggaran handball setelah tangannya mengenai bola sundulan Maguire. Fernandes, yang menjadi eksekutor penalti, sukses menjalankan tugas dengan baik. Dia menyelamatkan wajah Man United dari kekalahan dan rekor buruk lewat gol dan assist-nya dalam laga tersebut.  Andai Man United kalah, mereka akan mencatatkan dua kekalahan beruntun dalam dua laga perdana di awal musim Liga Inggris.