Alasan CR7 Pilih Manchester United Pada 2003

Senin, 30 Maret 2020 12:06 WIB


MU-INDO - Superagen asal Portugal, Jorge Mendes, mengungkap penyebab mengapa Cristiano Ronaldo memilih bergabung bersama Manchester United pada musim panas 2003. Mendes mengaku, sosok Sir Alx Ferguson yang duduk di kursi pelatih Man United jadi alasan remaja 18 tahun tersebut memilih berlabuh di Stadion Old Trafford.

Pada musim panas 2003, sejumlah klub meminati Ronaldo. Selain Man United ada juga Inter Milan, Arsenal, Juventus, Liverpool dan banyak lagi. Bahkan untuk Arsenal, Ronaldo saat itu sudah mengunjungi markas latihan The Gunners, dan melihat langsung Thierry Henry dan kawan-kawan tengah berlatih.

Namun, keyakinan Fergie –sapaan akrab Ferguson– kepada Ronaldo membuat pria berpaspor Portugal itu memilih bergabung bersama Man United. Saat itu, Fergie jadi satu-satunya pelatih yang siap memasukkan Ronaldo ke tim utama.

Sementara itu, tim-tim lain terkesan belum percaya sepenuhnya kepada Ronaldo. Ambil contoh jika Ronaldo hengkang ke Arsenal pada musim panas 2003. Di musim 2003-2004, Ronaldo takkan mentas bersama Arsenal, melainkan kembali dipinjamkan ke Sporting Lisbon selama semusim.

“Saya selalu menyatakan pada akhirnya pelatih merupakan sosok yang paling menentukan dalam transfer. Cristiano Ronaldo adalah jawaban yang sempurna,” kata Mendes.

“Banyak klub menginginkannya, tetapi mayoritas dari mereka memilih kembali meminjamkan Ronaldo ke Sporting selama semusim. Satu-satunya orang yang tampak bersedia menerima Ronaldo adalah Sir Alex Ferguson. Tanpa pikir panjang, saya menilai Man United adalah klub yang ideal bagi Ronaldo,” lanjut Mendes.

Setelah didatangkan dari Sporting seharga 19 juta euro atau sekira Rp343 miliar, Ronaldo muncul menjadi legenda Man United. Total dalam kurun 2003-2009, Ronaldo turun dalam 292 pertandingan dengan koleksi 118 gol dan 69 assist. Berkat gol dan assist dari Ronaldo, Man United dibantu memenangkan tiga trofi Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions.