MU Juara Jika Dihitung Dari Gol Pemain Akademi

Senin, 16 Maret 2020 09:57 WIB


MU-INDO - Kompetisi Premier League 2019-2020 sudah memasuki hingga pekan ke-29. Liverpool sejauh ini masih menguasai puncak klasemen sementara.

The Reds sudah mengumpulkan 82 poin dari hasil 27 menang dan satu kali imbang. Skuad asuhan Jurgen Klopp itu unggul 25 angka dari pesaing terdekatnya, Manchester City.

Liverpool hanya membutuhkan enam poin lagi atau minimal dua kemenangan untuk mengunci gelar Premier League musim ini. Trofi yang tentunya sangat dirindukan publik Anfield.

Seperti diketahui, kali terakhir The Reds mengangkat trofi kasta tertinggi sepak bola Inggris ialah pada 1989-1990 atau 30 tahun lalu. Musim ini, mungkin menjadi waktu yang tepat buat Liverpool untuk meraih juara Premier League.

Apalagi The Reds sudah unggul jauh dari segi poin pertandingan. Di sisi lain, baru-baru ini Planet Football membuat studi tentang klub mana yang terbaik di Premier League jika gol yang dihitung hanya berasal dari pemain jebolan akademi.

Hasilnya klasemen Premier League terjadi banyak perbedaan jika yang dihitung hanya gol dari pemain akademi. Bagaimana kira-kira klasemen Premier League 2019-2020?


20. Manchester City

Manchester City menjadi satu di antara klub yang mencetak banyak gol di Premier League musim ini. Total sudah 68 gol yang sudah dicatatkan Sergio Aguero dkk.

Menariknya, dari 68 gol tak ada satu pun yang berasal dari kaki produk akademi.

19. Wolverhampton Wanderers

Morgan Gibbs-White merupakan satu-satunya pemain lulusan akademi yang dimiliki Wolverhampton Wanderers. Namun, dari 41 gol yang dicetak Wolverhampton tak ada satu pun yang dicatatkan Gibbs-White.

18. Watford

Watford merupakan klub yang sedang berjuang menjauh dari zona degradasi. Dari 29 laga yang sudah dimainkan, Watford mencetak 27 gol dan tak ada satu pun yang berasal dari pemain produk akademi.

17. Bournemouth

Seperti halnya Manchester City, Wolverhampton Wanderers dan Watford, Bournemouth juga belum ada pemain lulusan akademi yang bisa mencetak gol di pentas Premier League.

16. Everton

Hingga pekan ke-29 Premier League, Everton sudah mengukir 35 gol. Dari 35 gol ada satu pemain akademi yang mampu membukukan gol, yakni Tom Davies.

15. Liverpool

Liverpool sangat digdaya di Premier League musim ini. Acuannya jelas, The Reds unggul 25 poin atas pesaing terdekatnya, Manchester City.

Untuk gol, The Reds sudah mencetak 66 gol. Dari 66 gol, dua di antaranya dicetak pemain akademi, yakni Trent-Alexander Arnold.

14. Arsenal

Musim ini, Arsenal sudah memainkan lima pemain yang berasal dari produk akademi. Dari lima pemain tersebut, ada dua pemain yang mampu mencetak masing-masing satu gol, yakni Hector Bellerin dan Eddie Nketiah.

13. Newcastle United

Newcastle United sudah memainkan empat pemain akademi, yakni Longstaff bersaudara, Matty dan Sean, Paul Dummett serta Andy Carroll. Dari keempat pemain tersebut duo Longstaff bisa dikatakan tampil cukup mengesankan.

Khusus Matty Langstaff sudah mencetak dua gol musim ini. Kedua gol tersebut ia cetak ke gawang Manchester United.

12. Sheffield United

Sheffield United mempunyai Billy Sharp sebagai pemain yang berasal dari akademi klub. Musim ini, Billy Sharp sudah menyumbang tiga gol untuk Sheffield United.

11. West Ham United

Mark Noble dan Declan Rice menjadi dua pemain lulusan akademi yang kerap tampil reguler bersama skuat utama West Ham United. Rice belum mencetak satu gol pun, sementara Noble sudah menyarangkan empat gol atau 11,4 persen dari 35 gol The Hammers musim ini.

10. Crystal Palace

Wilfried Saha memutuskan kembali ke Crystal Palace setelah gagal tampil mengesankan bersama Manchester United. Saha yang merupakan produk akademi sudah menyumbang tiga gol atau 12,5 persen dari 24 gol Crystal Palace musim ini.

9. Brighton & Hove Albion

Total ada 14,2 persen dari 28 gol Brighton & Hove Albion yang dicetak pemain lulusan akademi. Ada dua pemain yakni Lewis Dunk dan Aaron Connolly yang mengemas masing-masing dua gol.

8. Leicester City

Musim ini, Leicester City sudah memainkan tiga pemain jebolan akademi. Ketiga pemain tersebut ialah Harvey Barnes, Ben Chilwell dan Hamza Choudhry.

Menariknya, ketiga pemain tersebut berhasil mencetak gol. Rinciannya Barnes enam gol, Ben Chilwell dua gol dan Hamza Choudhury satu gol. Ketiga pemain tersebut total menyumbang 16 persen dari total gol The Foxes musim ini.

7. Southampton

Dalam beberapa musim Southampton kerap menelurkan pemain-pemain berbakat dari produk akademi. Musim ini, ada dua pemain akademi yang mampu mencetak gol, yakni James Ward-Prowse (4 gol), dan Michael Obafemi (2 gol).

Kedua pemain tersebut total menyumbang 17,1 persen dari total 35 gol yang dicetak Southampton musim ini.

6. Aston Villa

Aston Villa mempunyai satu pemain akademi yang mampu yampil mengesankan musim ini, yak i Jack Grealish. Pemain berusia 24 tahun itu sudah menyumbang tujuh gol atau 21,2 persen dari 33 gol yang dicetak Aston Villa musim ini.

5. Burnley

Burnley memiliki dua pemain lulusan akademi yang tampil impresif musim ini. Kedua pemain tersebut ialah Dwight McNeil dan Jay Rodriguez.

Musim ini, McNeil sudah mencatatkan dua gol dan lima assist. Sementara, Jay Rodriguez mengemas lima gol di Premier League.

Total kedua pemain tersebut menyumbang 21,2 persen dari 33 gol Burnley musim ini di Premier League.

4. Tottenham Hotspur

Harry Kane bisa dikatakan pemain akademi terbaik yang dimiliki Tottenham Hotspur. Musim ini, Kane sudah mengukir 11 gol di Premier League,

Itu artinya, Kane menyumbang 24,4 persen dari 45 gol yang sudah dicetak Tottenham Hotspur musim ini.

3. Norwich City

Di papan klasemen, Norwich City mungkin berada di papan bawah. Namun, torehan para pemain akademi Norwich City bisa dikatakan terbaik.

Dua pemain lulusan akademi, Todd Cantwell dan Jamal Luis masing-masing sudah mengemas enam dan satu gol. Total kedua pemain tersebut menyumbang 29,1 persen dari 24 gol Norwich City.

2. Chelsea

Larangan transfer yang menimpa Chelsea membuat Frank Lampard banyak mempercayakan pemain akademi dalam skuatnya. Hal itu pun berhasil dilakuan Lampard di Premier League.

Acuannya, The Blues berada di posisi keempat klasemen Premier League atau zona terakhir lolos ke Liga Champions musim depan.

Ada empat pemain akademi Chelsea yang mampu mencetak gol musim ini, yakni Tammy Abraham (13 gol), Mason Mount (6 gol) Callum Hudson-Odoi dan Fikayo Tomori masing-masing satu gol.

Jika di total, keempat pemain tersebut menyumbang 41,1 persen dari 51 gol Chelsea di Premier League musim ini.

1. Manchester United

Manchester United banyak mempercayakan pemain lulusan akademi musim ini. Hal tersebut sejatinya sudah dilakukan Setan Merah sejak musim lalu.

Torehan para pemain akademi Manchester United musim ini juga tidak main-main. Total ada 24 gol dari 43 gol yang dicetak para pemain akademi.

Rincian pemain akademi yang mencetak gol untuk Manchester United ialah Marcus Rashford (14), Mason Greenwood (5), Scott McTominay (3), Andreas Pereira dan Brandon Williams masing-masing gol. Itu artinya, ada 55,8 persen gol Manchester United yang dicetak pemain akademi.