Bruno Fernandes : Ole Gunnar Solskjaer Pelatih Terbaik Dan Detail

Minggu, 15 Maret 2020 09:03 WIB


MU-INDO - Bruno Fernandes mungkin baru beberapa pekan mengenakan kostum Manchester United, tapi waktu itu sudah cukup baginya untuk menilai kualitas sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer.

Fernandes dapat dikatakan sebagai salah satu pembelian terbaik Solskjaer. Dia mendarat di Old Trafford dari Sporting pada Januari 2020 lalu. Tidak butuh lama bagi Fernandes untuk membuktikan diri.

Sejauh ini dia sudah mengoleksi 3 gol dan 3 assists, mungkin terus bertambah. Kehadiran Fernandes pun membuat permainan MU jadi lebih baik dan lebih tertata.

Kini, di tengah jeda Premier League untuk mengantisipasi penyebaran pandemi virus corona, Fernandes bicara sedikit soal Solskjaer. Apa katanya?

Mula-mula, gelandang 25 tahun ini mengaku sulit menilai kualitas Solskjaer karena belum lama bersama, tapi dia tahu satu hal istimewa dalam diri Solskjaer.

Baginya, Solskjaer adalah salah satu pelatih yang sangat berhati-hati dalam menjelaskan detail instruksinya kepada para pemain.

"Sulit karena baru sekitar satu bulan, tapi dia selalu berhati-hati dengan detail, dan bagi saya itu penting karena salah satu hal yang mengubah sepak bola saat ini adalah selalu mengamati detail," buka Bruno.

"Sekarang, setiap pelatih sangat bagus, mereka mempelajari satu sama lain dan itu menyebabkan setiap pertandingan sulit."

Detail yang dimaksud Fernandes adalah cara Solskjaer mempersiapkan skuad MU menghadapi laga per laga. Solskjaer benar-benar menganalisis lawan, mencari kelemahannya, dan memberikan instruksi detail kepada para pemain.

"Sekarang ada video dan mayoritas tim tahu apa yang akan Anda lakukan, di mana Anda akan menempatkan bola, di mana mereka akan menekan Anda, pertandingan jadi semakin sulit dan semakin sulit," sambung Fernandes.

"Saya kira dia [Solskjaer] sangat bagus dalam hal itu dan dia merupakan mantan pemain sepak bola jadi dia tahu kapan waktunya bicara dengan para pemain, kapan dia harus memberikan kata-kata positif atau terkadang lebih mendorong Anda."

Ada banyak alasan, tapi Fernandes yakin salah satu faktor kualitas apik Solskjaer sebagai pelatih adalah pengalamannya sebagai pemain. Solskjaer benar-benar mengenal MU, memahami bagaimana tekanan bermain dengan mengenakan kostum merah bergengsi tersebut.

"Ketika Anda pernah jadi pemain, Anda bisa lebih memahami hal-hal ini, tapi terkadang juga ada pelatih yang tidak pernah bermain dan benar-benar memahami detail," lanjut Fernandes.

"Saya kira Ole sangat berhati-hati dalam hal itu. Dia ingin kesempurnaan, yang sebenarnya mustahil, tapi dia terus mendorong kami untuk lebih baik lagi," pungkasnya.