MU Akhirnya Gaet Odion Ighalo Dari Klub China

Sabtu, 01 Februari 2020 14:26 WIB


MU-INDO - Manchester United akhirnya berhasil menambah satu amunisi di lini serangnya pada musim dingin ini setelah meresmikan perekrutan Odion Ighalo dari klub China, Shanghai Shenhua.

Ighalo sebelumnya menjalani latihan pra musim bersama Shanghai Shenhua. Akan tetapi karena merebaknya kasus Virus Corona di Negeri Tirai Bambu itu, Liga Super China pun terpaksa ditunda pelaksanaannya.

United akhirnya mendapat persetujuan untuk memboyongnya ke Old Trafford dengan status pinjaman selama enam bulan alias setengah musim. Mereka memenangkan perburuan striker 30 tahun itu atas Tottenham dan Inter Milan.

"Manchester United dapat mengkonfirmasi bahwa Odion Ighalo akan bergabung dengan status pinjaman dari Shanghai Greenland Shenhua hingga akhir musim.

Tak ada keterangan resmi terkait berapa biaya yang harus dikeluarkan Manchester United untuk merekrut Odion Ighalo dari Shanghai Shenhua. Namun jurnalis The Athletic, David Ornstein menyebut Setan Merah harus membayar Shenhua sekitar empat juta pounds.

Manchester United sebelumnya memang dikabarkan memburu penyerang baru pada bursa transfer musim dingin 2020 ini. Sebab mereka kekurangan amunisi di lini serang sepeninggal Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez.

Sejumlah nama penyerang top sempat dikaitkan dengan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut. Di antaranya striker asal Kroasia Mario Mandzukic.

Kemudian ada nama penyerang PSG, Edinson Cavani. United juga sempat mengejar Erling Braut Haaland dari RB Leipzig, namun pada akhirnya kalah dari Borussia Dortmund.

Manchester United juga disebut sempat berusaha memboyong Joshua King dari Bournemouth pada hari terakhir bursa transfer musim dingin 2020 ini. Akan tetapi tawaran mereka senilai 20 juta pounds ditolak.

Odion Ighalo pernah berkarir di Italia dan Spanyol di sepanjang karir sepak bolanya di Eropa. Ia pernah bermain di Udinese dari tahun 2008 hinga 2014.

Namun selama itu ia sempat dipinjamkan ke Granada dan Cesena. Pada tahun 2014 ia dipinjamkan ke Watford, yang saat itu masih bermain di divisi Championship, sebelum akhirnya direkrut secara permanen oleh klub tersebut.

Pada musim 2015-16, Ighalo kemudian tampil bersama Watford di Premier League. Saat itu dari 37 laga ia berhasil mengemas 16 gol dan lima assist.

Namun pada Januari 2017, ia angkat kaki dari Watford. Ia pindah ke Liga Super China, ke klub Changchun Yatai. Pada Februari 2019 lalu, Ighalo pindah ke Shanghai Shenua sebelum akhirnya kembali ke Inggris pada Januari 2020 ini.

Kini Manchester United bisa berharap pengalaman Odion Ighalo bakal membantu Marcus Rashford dkk mencetak lebih banyak gol di sisa musim 2019-20 ini. Ighalo sendiri menjadi pemain kedua yang direkrut oleh Setan Merah di bursa transfer musim dingin ini setelah Bruno Fernandes yang dicomot dari Sporting Lisbon.